.:Pasaman Barat Mesir:.

Media Online Mahasiswa Pasbar Mesir
Posted by Azmil as admin

Terbentuknya Media Online Mahasiswa Pasaman Barat - Mesir

Dengan izinNYA kami dari mahasiswa Pasaman Barat yang sedang belajar di Mesir dapat mewujudkan keinginan yang sudah lama kami impikan selama ini. media online untuk berbagi informasi dengan masyarakat Pasaman Barat tentang kegiatan kami di tanah para nabi ini..

Posted by Azmil as admin

Sekilas tentang Kabupaten Pasaman Barat

Kabupaten Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten di Sumatra Barat, Indonesia. Dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Posted by Azmil as admin

Mengenal Negara Mesir

Republik Arab Mesir, lebih dikenal sebagai Mesir, (bahasa Arab: مصر) adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung.

Photobucket

Persiapkan Diri untuk Menjamu Tamu Agung



By: Sayuti Lubis


Disadari atau tidak,tamu agung akan menghampiri kita. Tamu yang sangat mulia, yang selalu di rindukan banyak orang, tapi jangan salah, masih ada sebagian dari ummat manusia yang acuh tak acuh dengan kedatangan tamu mulia ini. Kita doakan mudah-mudahan Allah Sang pemberi rahmat, menunjuki hamba-hambanya kejalan yang benar. Amin.

Allah SWT. Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (al-Baqoroh: 183-185)

Rasulullah SAW. Bersabda :


حدثنا محمد بن زياد ، قال : سمعت أبا هريرة رضي الله عنه ، يقول : قال النبي صلى الله عليه وسلم : أو قال : قال أبو القاسم صلى الله عليه وسلم : " صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته ، فإن غبي عليكم فأكملوا عدة شعبان ثلاثين "

Yang artinya :

Telah dikatakan kepada kami oleh Muhammad bin Zayyad, beliau mengatakan : Aku telah mendengar Abu Hurairah ra berkata : Telah bersabda Rasulullah saw "Berpuasalah karena melihatnya (anak bulan Ramadhan) dan berbukalah karena melihatnya (anak bulan Syawwal) dan jika kamu semua tidak dapat melihatnya maka sempurnakan bulan sya'ban tiga puluh hari". (H.R. Bukhari Muslim)

Tentunya, dalam menerima tamu agung ini, kita harus mempersiapkan sgala sesuatu yang akan membuat tamu kita ini nyaman selama kita bersamanya. Kita jamu,sebagaimana kita menjamu tamu yang kita hormati, atau lebih dari sekedar jamuan biasa, kita persembahkan jamuan istimewa. Mudah-mudahan kita bias menjadi tuan rumah yang memuliakan tamu. Demi terciptanya hubungan yang dinamis dan harmonis, kita harus mempersiapkan diantaranya :

-Jasmani

Tubuh yang sehat sangat dibutuhkan ketika kita menjamu yang agung ini, oleh karena itu, mulai sekarang, mari kita jaga tubuh yang dititipkan Allah SWT. Sebaik mungkin. Biasakan mengikuti gaya hidup sehat, isi tubuh kita dengan makanan yang halal lagi baik. Jangan lupa! Kalau selama ini kta jarang olah raga, ayo kita mulai dari sekarang. Mudah- mudahan dalam menghadapi tamu angung (Ramadhan) kita segar bugar, tanpa ada saki-sakitan.

-Rohani

Tak kalah penting, persiapan rohanipun sangat dibutuhkan, supaya dalam menerima tamu kehormatan nanti, hati kita sudah suci, dan tidak mudah goyah.
Kita berharap tamu istimewa bisa betah tinggal bersama kita, dan memberikan penghormatan yang tiada tara kepada kita semua.
Jangan bosan untuk selalu berdo'a kepada Yang Kuasa untuk bias berjumpa dengan tamu yang agung ( Ramadhan). Bulatkan tekat untuk bisa menjalani ibadah suci ini (Ramadhan) dengan sesempurna mungkin. Perbaiki akhlak kita, yang pada hari-hari sebelumnya baca Al-Qur'an masih jarang, kita latih mulai sekarang,supaya ketika bertemu dengan tamu agung, kita sudah terbiasa. Lidah yang tak bertulang, kemaren masih hobi menggosip, mari kita tukar dengan baca Al- Qur'an. Telinga yang biasanya kita gunakan untuk mendengar yang sia-sia, mari kita usahakan untuk mendengar ceramah agama. Kaki gratis yang Allah berikan kepada kita, jangan lagi kita arahkan ke tempat maksiat, tapi ayo kita ayunkan ke rumah Allah (Masjid), dan berziarah ke rumah saudara kita.

Kalua luar dalam sudah aman dan beres, Insyaallah kita akan sempurna menerima dan menghadapi bulan yang sangat kita nantikan, bulan penghapus dan pembakar dosa. Dan tentunya, do'a kita bersama, selepas menjamu tamu agung (Ramadhan) kita dapat meraih pangkat orang-orang yang bertaqwa. Amin.

Saudaraku, mari kita sambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang ikhlas…
Semoga Allah SWT. Selalu membingbing kita kejalan yang lurus….
Saudaraku, mari kita saling muhasabah diri…
Semoga bulan pusaa ini, lebih baik dari tahun kemaren…

0 comments:

Post a Comment